Senin, 22 Agustus 2016

10 Manfaat Potasium Bagi Tubuh Kita

10 Manfaat Potasium Bagi Tubuh Kita, manfaatdiajeng.blogspot.co.id - Pengertian potasium adalah mineral yang punya banyak manfaat bagi tubuh kita. Menurut dr. Endang Peddyawati, MS, SpGK., dokter spesialis gizi klinik dari RSUP Persahabatan, potasium atau kalium adalah suatu jenis ion bermuatan positif.

Inilah 10 Manfaat Potasium Bagi Tubuh Kita


Potasium juga disebut dengan kalium, yang mana merupakan mineral terbanyak ketiga yang ada dalam tubuh kita.

Dalam tubuh manusia, potasium atau kalium harus terpenuhi, karena potasium sangat penting bagi kesehatan tubuh manusia.

Berbagai gejala masalah kesehatan seperti lesu, otot lemah, berkurangnya refleks, ritme jantung tidak normal, anemia, dan sakit kepala adalah dampak dari kurang tercukupinya potasium dalam tubuh.

Orang yang mengalami kekurangan potasium dalam darahnya disbut dengan  Hypokalemia.

Potasium banyak terdapat dalam bahan makanan nabati seperti misalanya sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, kacang biji dan umbi-umbian.

Potasium yang terdapat dari sayur - sayuran seperti misalnya: Jamur, tomat, wortel, kentang, brokoli, asparagus,

Potasium yang terdapat dari buah - buahan seperti misalnya:  pisang, pepaya, melon cantaloupe

Potasium yang terdapat dari kacang - kacanagan seperti misalnya: kacang merah, almond

potasium yang terdapat pada umbi - umbian seperti misalnya: ubi jalar.

Potasium juga banyak terdapat dari bahan makanan hewani seperti misalnya daging merah ( daging sapi ), daging unggas( ayam ), dan ikan (ikan salmon). Potasium juga ada pada susu, yogurt.

Setelah kita lihat pengertian potasium dan berbagai makanan yang menjadi sumber mineral potasium atau kalium ini, pasti kita juga ingin tahu apa sih manfaat potasium bagi tubuh kita? Nah berikut ini adalah uraianya:


Inilah 10 Manfaat Potasium Bagi Tubuh Kita


Berbagai manfaat bisa kita dapatkan dari mineral potasium ini, jikalau kita mengkonsumsi berbagai sumber makanan yang mengandung mineral baik ini.


  • 1. Manfaat Potasium Bisa Mengendalikan Tekanan Darah Tinggi
Tubuh yang kelebihan sodium (natrium) tidaklah baik, karena  dapat meningkatkan tekanan darah. Potassium bisa mencegah kenaikan tekanan darah karena diakibatkan kelebihan sodium.
Inilah manfaat potassium yang pertama yakni dikenal sebagai mineral yang membantu mengurangi resiko tekanan darah tinggi.

  • 2. Manfaat Potasium Menjaga Fungsi Otot dan Syaraf

Kram otot yang bisa kita alami adalah salah satu gejala akibat kekurangan mineral potassium dalam darah.

Peranan potasium dalam tubuh kita penting dalam mengatur kontraksi otot dan juga relaksasi otot. Dan sebagian besar ion potassium yanga ada dalam tubuh kita terdapat di dalam otot.

Manfaat Potassium bagi tubuh kita membantu mempertahankan fungsi otot dan syaraf serta membantu fungsi gerakan refleks.

  • 3. Manfaat Potasium Mampu Menjaga Kesehatan Tulang Kita

Potassium sangat bermanfaat bagi kesehatan tulang kita. kelebihan keasaman tubuh yang dapat mempengaruhi kadar kalsium dalam tubuh yang sangat diperlukan untuk menjaga kepadatan tulang dapat dinetralkan oleh potasium, itulah peranan potasium dalam menjaga kesehatan tulang kita.

  • 4. Manfaat Potasium Bisa Membantu Metabolisma

Metabolisme adalah istilah yang berasal dari bahasa Yunani, yaitu dari kata metabole yang berarti perubahan.

Sedangkan metabolisme sendiri adalah suatu proses kimiawi yang terjadi dalam tubuh makhluk hidup. Proses metabolisme adalah pertukaran zat atau organisme dengan lingkungannya.

Sedangkan manfaat potasium untuk tubuh kita membantu proses metabolisma karbohidrat dan lemak.

Makanan yang kita konsumsi dan akhirnya menjadi energi adalah peranan mineral potassium.

  • 5. Manfaat Potasium Mampu Mengurangi Resiko Stress

Cortisol adalah hormon steroid dari golongan glukokortikoid yang diproduksi oleh sel di dalam zona fasikulata pada kelenjar adrenal sebagai respon terhadap stimulasi hormon ACTH yang disekresi oleh kelenjar hipofisis, juga merupakan hasil reaksi organik hidrogenasi pada gugus 11-keto molekul hormon kortison yang dikatalis oleh enzim 11β-hidroksisteroid dehidrogenase tipe 1 yang umumnya disekresi oleh jaringan adiposa.

Adrenalin adalah sebuah hormon yang memicu reaksi terhadap tekanan dan kecepatan gerak tubuh. Tidak hanya gerak, hormon ini juga memicu reaksi terhadap efek lingkungan seperti suara derau tinggi atau cahaya yang terang.

Kedua hormon di atas adalah hormon yang bisa mempengaruhi stress. Dan hormon - hormon yang ada di dalam tubuh bisa bekerja dengan semestinya karena bantuan dari mineral potasium.

  • 6. Manfaat Potasium Mampu Menjaga Keseimbangan Air Dalam Tubuh Kita

Manfaat potassium juga merangsang ginjal untuk membuang limbah dari sisa - sisa metabolisma, sehingga menjaga keseimbangan kadar air yang ada di dalam tubuh.

  • 7. Manfaat Potasium Mampu Menjaga Kesehatan Ginjal Kita

Yang menyebabkan terbentuknya batu ginjal adalah tingginya kadar kalsium dalam urin. Manfaat potasium dalam hal ini adalah mengurangi ekskresi kalsium.

Ketika kita mengkonsumsi makanan yang bisa mencukupi asupan mineral potassium, maka dapat mengurangi resiko terbentuknya batu ginjal.

  • 8. Manfaat Potasium Mampu Mengatur Keasaman Dalam Tubuh Kita

Dalam proses metabolisma dalam tubuh akan menghasilkan berbagai asam yang dapat meningkatkan keasaman (pH) tubuh. Menigkatnya keasaman dalam tubuh ini harus dinetralkan oleh senyawa yang memiliki sifat basa.

Inilah manfaat dari potasium, yakni menetralkan keasaman cairan tubuh. Karena potassium adalah salah satu mineral yang bersifat basa.

  • 9. Manfaat Potasium Membantu Fungsi Otak Kita

Dengan mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang memiliki kandungan potasium, akan bisa mencukupi kebutuhan potassium yang diperlikan oleh tubuh. Ketika kebutuhan akan mineral potasium terpenuhi maka otak kita akan berfungsi dengan baik.

Manfaat potassium dalam hal ini adalah membantu transport oksigen dan bertindak sebagai neurotransmitter yang membawa sinyal-sinyal syaraf.

  • 10. Manfaat Potasium Menjaga Kesehatan Kulit Kita

Karena potassium juga berfungsi membantu menjaga keseimbangan air berdasarkan kebutuhan sel, maka mineral ini juga membantu menjaga kulit kita agar tetap terhidrasi dan terjaga kelembabannya.

Selain itu mineral potassium juga membantu pertumbuhan sel-sel tubuh kita, termasuk sel - sel pada jaringan kulit.

Inilah 10 Manfaat Potasium Bagi Tubuh Kita, jika kita mengkonsumsi sumber makanan yang mengandung mineral baik ini secara teratur.

Jika artikel ini bermanfaat bagi pembaca sekalian, tolong bantu di share ya, agar lebih bermanfaat pada banyak orang.


Artikel Terkait

10 Manfaat Potasium Bagi Tubuh Kita
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

1 komentar:

4 Maret 2022 pukul 15.34 delete

Casino Games - DrMCD
There are 7 reels, 2 포천 출장샵 rows 김포 출장안마 and 3 rows 출장마사지 total. There are no 강원도 출장마사지 cards in each round. The dealer may even draw 3 남양주 출장마사지 or 4 cards. A 4-player card game is a great

Reply
avatar