Rabu, 23 November 2016

Manfaat Vitamin E Untuk Tubuh

Manfaat Vitamin E Untuk Tubuh, manfaatdiajeng.blogspot.co.id | Vitamin adalah sekelompok senyawa organik berbobot molekul kecil yang memiliki fungsi vital dalam metabolisme setiap organisme,[1] yang tidak dapat dihasilkan oleh tubuh.

Kita sering sekali mendengar beberapa nama nama vitamin, seperti misalnya Vitamin A, Vitamin B, Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B3, Vitamin B5, Vitamin B6, Vitamin B12, Vitamin C, Vitamin D, Vitamin E, Vitamin K.

Akan tetapi terkadang kita tidak tahu, apa manfaat dari vitamin tersebut, apa dampaknya jika tubuh kita kekurangan vitamin, dan apa resikonya jika tubuh kelebihan akan vitamin.

Nah pada kesempatan kali ini manfaat diajeng akan mengulas untuk Anda sekalian tentang manfaat vitamin E untuk tubuh kita.

Pengertian Dan Manfaat Vitamin E Untuk Tubuh



Gambar Manfaat Vitamin E Untuk Tubuh
Sumber Gambar http://www.stylecraze.com


E adalah nama umum untuk dua kelas molekul (tocopherol dan tocotrienol) yang memiliki aktivitas vitamin E dalam nutrisi. Vitamin E bukan nama untuk setiap satuan bahan kimia spesifik namun, untuk setiap campuran yang terjadi di alam yang menyediakan fungsi vitamin E dalam nutrisi. ( wikipedia.org ).


Jika tubuh kita kekurangan akan vitamin E ini maka sel darah merah dalam tubuh kita akan terbelah. Selain itu akibat kekurangan vitamin E juga dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang fatal bagi tubuh kita, seperti misalnya kemandulan baik bagi pria maupun wanita. Saraf dan otot juga akan mengalami gangguan yang berkepanjangan.

Contoh lain akibat dari kekurangan vitamin E adalah perubahan degeneratif pada sistem saraf dan otot, kelemahan dan kesulitan berjalan, nyeri pada otot betis,gangguan penglihatan,anemia, retensi cairan (odem), kelainan kulit.

Sedangkan jika tubuh kita kelebihan akan vitami E ini maka pada umumnya akan menimbulkan gangguan pada kenerja sistem imun terhadap infeksi.

Gangguan pada kenerja sistem imun ini ditandai atau timbulnya gejala gejala seperti misalnya sakit kepala, lemah dan selalu lelah, serta pusing yang disertai gangguan penglihatan.

Untuk itu kita harus tetap menjaga batasan vitamin E yang ketat dalam tubuh kita, agar tidak kekurangan dan juga kelebihan vitamin E.

Ketika vitamin E ini memenuhi yang diperlukan akan tubuh kita maka manfaat vitamin E untuk tubuh akan kita peroleh. Lalu apa saja manfaat vitamin E ini untuk tubuh kita, dari mana kita mendapatkan sumber vitamin E dan bagaimana cara memenuhinya dengan batasan yang tepat?, berikut ini adalah penjelasanya

Sumber Makanan Yang Mengandung Vitamin E

Gambar Sumber Makanan Dan Manfaat Vitamin E Untuk Tubuh
Sumber Gambar http://globalhealthz.com

Ada banyak sekali makanan yang mengandung vitamin E ini, bahkan tanpa sadar sebenarnya kita dalam keseharian mengkonsumsinya. Vitamin E lebih banyak terdapat pada makanan segar yang belum diolah. Makanan makanan yang menjadi sumber vitamin E ini misalnya: pada ikan, ayam, kuning telur, ragi, dan minyak tumbuh-tumbuhan.


Vitamin E juga terdapat pada buah-buahan ( pisang, strawberry ), susu, mentega, sayur-sayuran ( asparagus, selada, buncis terutama kecambah ) dan sayuran berwarna hijau.

Pada Minyak biji gandum, minyak kedelai, minyak jagung, biji bunga matahari, dan ubi jalar juga memiliki kandungan vitamin E.

Selain dengan makanan vitamin E juga bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi suplemen votamin E.

Kegunaan Dan Manfaat Vitamin E Untuk Tubuh

Ketika vitamin E ini terpenuhi maka manfaat yang akan kita dapatkan adalah:

vitamin E akan meningkatkan daya tahan tubuh kita
vitamin E akan membantu mengatasi stresyang kita alami
vitamin E akan meningkatkan kesuburan
vitamin E akan meminimalkan risiko kanker dan penyakit jantung koroner

Manfaat vitamin E untuk kulit

Menjaga dan meningkatkan elastisitas dan juga kelembapan kulit

Vitamin E akan mencegah proses penuaan dini dan melindungi kulit kita dari kerusakan akibat radiasi sinar ultraviolet, vitamin E juga mampu mempercepat proses penyembuhan luka.

Manfaat vitamin E Sebagai Antioksidan
 
Semua vitamin E adalah antioksidan dan terlibat dalam banyak proses tubuh dan beroperasi sebagai antioksidan alami yang membantu melindungi struktur sel yang penting terutama membran sel dari kerusakan akibat adanya radikal bebas.

Sebagai antioksidan dalam tubuh, vitamin E bekerja dengan cara mencari, bereaksi dan merusak rantai reaksi radikal bebas.

Dalam reaksi tersebut, vitamin E sendiri diubah menjadi radikal. Akan tetapi radikal ini akan segera beregenerasi menjadi vitamin aktif melalui proses biokimia yang melibatkan senyawa lain.

Vitamin E juga melindungi sel darah merah yang mengangkut oksigen ke seluruh jaringan tubuh dari kerusakan.

Manfaat Vitamin E Bagi Hewan

Selain bisa melindungi dari akibat kelebihan vitamin A dan melindungi vitamin A dari kerusakan, vitamin E juga bisa melindungi hewan dari akibat berbagai obat, bahan kimia, dan logam yang mendukung pembentukan radikal bebas.

Nah itulah Manfaat Vitamin E Untuk Tubuh, semoga tubuh pembaca semua sehat kerena terpenuhinya vitamin E dalam tubuh.

Artikel Terkait

Manfaat Vitamin E Untuk Tubuh
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

1 komentar: